Ini 5 Tempat Wisata di Jepang yang Sarat dengan Kebudayaan

sumber: pixabay.com
Bicara tentang Jepang, kita pastinya teringat dengan peradaban mereka yang modern, sehingga menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia. Meskipun sudah memiliki peradaban yang modern, namun Jepang tidak meninggalkan ciri khas budaya yang tersaji dari tempat-tempat wisata yang mereka tawarkan.


Gunung Fuji adalah salah satu refleksi modern Jepang tanpa meninggalkan ciri khas bangsa mereka yang kental dengan budaya timurnya. Namun, tempat wisata di Jepang yang sarat akan ciri khas budaya tidak hanya Gunung Fuji saja. Begitu banyak tempat wisata yang mempresentasikan Jepang sendiri.

Nah, bagi Anda yang sedang berencana untuk menghabiskan waktu dan liburan di Jepang. Berikut ini lima wisata di Jepang ini akan membawa kita kembali ke suasana, ciri khas, dan budaya Jepang. Penasaran dan apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Berkeliling kota dengan suasana Japanese Rickshaw Ride
Suasana khas Jepang di masa lalu bisa didapat pengunjung atau wisatawan di Japanese Rickshaw Ride. Wisatawan nantinya akan diajak berkeliling kota menggunakan becak tradisional Jepang.

sumber: blog.japantime.co.jp
Selama perjalanan, wisatawan akan mendapatkan pengarahan dari pemandu yang sekaligus menjadi pengemudi becak mengenai beragam cerita sejarah dan kebudayaan bangsa Jepang di masa lalu.

Serunya lagi, pemandu akan menuntun setiap wisatawan untuk berhenti di beberapa tempat menarik dan kaya historis tertentu dan mengabadikannya melalui foto-foto yang bebas diambil oleh pengunjung.

2. Menjernihkan pikiran di di Kuil Ryosokuin
Tempat wisata di Jepang berikutnya yang sarat dengan nilai-nilai dan kebudayaan Jepang adalah Kuil Kenninji Ryosokuin di Kyoto Gion. Kuil ini dikenal karena pengunjung dapat mencoba kegiatan yang diberi nama Zazen, yaitu cara untuk berkonsentrasi dengan duduk menggunakan postur tubuh yang baik.

sumber: matcha-jp.com

Sambil duduk, pengunjung dan wisatawan akan diajak untuk menjernihkan pikirannya melalui nasihat yang diberikan pendeta sembari disuguhi teh khas Jepang selama 10 menit.

Sementara itu untuk kegiatan Zazen sendiri membutuhkan waktu selama 60 menit. Tentunya ini cara yang tepat untuk beriwisata sekaligus memahami kebudayaan Jepang yang masih terjaga hingga sekarang.

3. Berendam air hangat a-la Onsen
Kegiatan wisata yang sarat dengan kebudayaan Jepang adalah Onsen. Wisata ini adalah memanjakan diri untuk berendam di dalam air hangat tanpa mengenakan sehelai kain yang membalut tubuh.

sumber: onsen.net

Namun, jika merasa sungkan melakukannya, masih terdapat pilihan lain yang dapat dilakukan untuk merasakan air hangat ala Jepang yaitu hanya membenamkan tangan dan kaki saja di pemandian air hangat.

Salah satunya adalah tempat wisata yang terletak di Wakura Onsel, Prefektur Ishikawa. Di tempat ini pengunjung atau wisatawan dapat menikmati berbagai macam lokasi pemandian kaki dan tangan secara gratis!

4. Menyelisik keindahan Kuil Fushimi Inari Shrine
Wisata yang sarat dengan kebudayaan Jepang berikutnya adalah dengan mengunjungi Fushimi Inari Taisha. Sebuah kuil cantik yang memiliki ribuan gerbang (Torri) yang berbaris rapi dan berwarna oranye yang menyala dengan terang. 

sumber: wikipedia.org

Inari Taisha sendiri sebuah sebutan pada kuil untuk berdoa kepada Dewa Inari (Kami No Inari). Namun, yang membuat kuil ini menjadi unik adalah karena beberapa keunikannya yang sarat dengan sejarah dan budaya Jepang.

Pertama, di setiap tiang Torri terdapat tulisan dalam huruf kanji yang merupakan nama-nama penyumbang. Semakin besar ukuran Torri, maka semakin besar pula sumbangan yang diberikan oleh para dermawan untuk kuil ini.

Selain itu, di Fushimi Inari Shrine terdapat banyak patung rubah putih yang merupakan simbol pelayan bagi Dewi Inari. Karena landscape kuil ini menarik, tidak jarang banyak pengunjung atau wisatawan yang mengabadikan pesona setiap sisi kuil dengan berfoto.

5. Berkimono di pusat Kyoto, Jepang
Kota Kyoto di Jepang pernah menjadi salah satu kota paling nyaman untuk ditinggali pada tahun 2014 yang lalu. Tidak heran rasanya, karena di tempat ini terdapat banyak tempat -tempat wisata yang menarik.
 
sumber: artforia.com
Bahkan wisatawan pun bisa bebas berkimono di pusat Kota Kyoto. Hal inilah yang menjadikan tempat berwisata di Kyoto ini sarat dengan kebudayaan Jepang meskipun sudah memasuki era modern.

Di Kyoto, wisatawan bisa berkunjung ke salon rental Kimono bernama Yumeyakata. Di salon ini pengunjung akan diberikan kimono dan bisa digunakan sambil bersantai serta berjalan-jalan di pusat Kyota seharian. Jika waktu sudah menunjukkan pukul setengah delapan malam, maka kimono tersebut bisa dikembalikan kepada pemilik rental.

Begitu menarik bukan, lima tempat wisata di Jepang yang kaya akan unsur budaya dan sejarah. Buat Anda dapat merasakan liburan yang sebenarnya saat berada di sana. Jadi tunggu apalagi, rasakan sensasi liburan sarat budaya dan pengalaman tak terlupakan dari negeri sakura.

Share:

0 komentar