Pemacu Adrenalin

pemacu adrenalin
Hidup ini tak enak lurus-lurus saja dan itu-itu saja. Berjalan hanya pada rel atau tenang tanpa riak sedikit pun. 
Sifat manusia ingin sekali mengikuti arah hidup Ikan Salmon, melawan arus dan tak mendengarkan apa yang didarang selama ia tak mendapatkan jawaban maksimal. Ia merasakan bisikan dan sensasi luar biasa saat melawan arus. Tanyakan Ikan Salmon, pasti ia paham betul.

Larangan itu dibuat untuk di langgar, memacu jantung hingga buat napas tertahan-tahan. Itu semua bukan karena nekat, tapi saya menamai itu keberanian memainkan adrenalin. Seorang pengendara motor rela menerobos lalu lintas, ia sadar nyawa bisa terancam andai saat truk di seberang jalan lupa menginjak pedal rem. Untung saja kau bocah, nyawamu masih panjang gerutu supir truk.


Saya merasa saat adrenalin bermain, warna hidup terasa bermakna dan sungguh beruntung hidup mereka para pemacu adrenalin. Tak perlu menerobos lalu lintas yang berujung bisa mati konyol, para pemacu adrenalin bisa menaik dan menurunkan adrenalinnya sesuka hati kapan pun ia mau.

Para pembalap manusia yang berkesempatan memainkan segenap adrenalinnya ke titik tertinggi. Semua amarah dan kesal mampu ia lampiaskan dengan lega saat trek lurus di depan ia lahap dengan kecepatan maksimal. Stres yang membuncah lenyap seketika, apalagi ia berhasil memenangkan kejuaraan itu.

Ada sebuah sebutan bagi para pemacu adrenalin, mereka menamainya dengan Adrenaline Junkie. Memainkan adrenalin ibarat sebuah pelampiasan stres terpendam, saat lega dibandingkan ditahan-tahan mendalam di dalam hati.

Sebenarnya bukan hanya balapan yang punya titik maksimal memacu adrenalin. Semua itu datangnya dari bakat dan minat, diolah dengan semaksimal mungkin. Saat ia sampai puncak tertinggi adrenalin seperti terpacu, memompa jantung ke seluruh tubuh dan irama napas begitu cepat. Rasa kantuk dan malas seperti lenyap, seperti semangat baru yang mengalir deras.

Memainkan adrenalin seakan-akan buat manusia merasakan ada sesuatu yang menantang dalam hidup. Ibarat kurva yang naik turun, meledak-ledak saat menjalankan minat bakat dan begitu tenang saat menjalankan kehidupan sehari-hari.

Manusia tipe seperti ini ia seakan paham betul memainkan adrenalin pada tempatnya. Sangat antusias akan hal yang diminati dan tak berlebihan saat bukan pada tempatnya ia memainkan adrenalin.

Saya  memberi contoh mudah seperti, seorang pembalap kelas wahid telah memenangkan sejumlah kejuaraan yang dia ikuti. Namun saat bukan tempatnya, ia taat asas. Tak pamer dengan kebut-kebutan di jalan raya biar semua tahu dia seorang pembalap terkemuka. Malah itu buat citranya buruk.

Ia sadar sepenuhnya bahwa adrenalin ada tempatnya lebih berbahaya lagi bila petinju memukul semua orang yang ia anggap terlebih menjengkel. Saat itulah permainan adrenalin harus diatur. Kadang kala adrenalin yang kita mainkan bisa mengganggu dan buat orang lain tak nyaman.

Permainan adrenalin sungguh syahdu saat dilakukan di tempat yang tepat, sambil memainkan batas kemampuan, ketakutan berlebihan dan suasana mencekam. Adrenalin seperti diuji, metabolisme bekerja dengan hebat, mempengaruhi organ tubuh dan membakar sejumlah lemak jahat dalam tubuh.

Sungguh menyehatkan, memainkan adrenalin layaknya mendapatkan jalan selangkah sehat. Karena itu cara terbaik para pemain adrenalin membuat alur hidupnya tak kaku tanpa tantangan dengan bermain di atas normal.

Share:

0 komentar