Anomali Semangat

anomali semangat

Semangat itu kadang berada di atas dan kadang pula di bawah. Perumpamaan ibarat layang-layang akan terbang tinggi namun saat ada yang menarik benangnya maka layang-layang kembali membumi. Itulah anomali yang naik serta turun tak menentu hingga membentuk kurva.

Manusia ini makhluk yang butuh dorongan nan kuat, apakah itu dari inisiatif pribadi ataukah orang lain. Manusia butuh orang lain menyemangati dirinya untuk menggapai cita-cita. Bisa itu dari kata-kata nan bijak serta pengalaman yang orang lain tularkan kepada dirinya. Itu ibarat pelecut menaikkan kembali semangat yang sempat pudar.
Tahukah kamu apa itu anomali?

Keadaan saat semua menyimpang dari asas yang ditetapkan, sebuah keanehan tak terduga dan di luar penalaran logika. Ia membentuk kebiasaan saat di suatu kondisi, semua akan bingung melihat keanehan-keanehan itu.

Penulis yang sangat suka hitung-hitungan terutama fisika sering mengamati gejala anomali yang terjadi di dalam hukum fisika, semisal anomali air yang terjadi pada suhu 0° – 4°C. Air pada suhu itu ibarat di kondisi itu ia mengalami dua hal berbeda, bisakah lonjakan ataukah  penurunan.

Ibarat sebuah semangat di benak manusia saat berada di titik nadir. Ingin segera bangkit ataukah terus terpuruk. Air butuh anomali agar dirinya berubah wujud dari bentuk padat ke cair, anomali adalah lecutan semangat saat ingin berubah terhadap apa-apa yang terjadi pada dirinya. Inilah sebuah bukti sebelum ambisi belum menjadi nyata, semangat sebagai kayu bakar yang memicu melawan segala tantangan walaupun itu anomali.

Semua riak-riak dari semangat yang naik turun menandakan ia punya batas tertentu kapan berada di titik nadir atau tetap di atas awan kembali.

Konsep semangat yang harus ditanamkan dalam mempertahankan kepingan mimpi melalui semangat tanpa henti, ia berupa kekuatan semangat  +  membangkitkan semangat = mencapai tujuan.

Saya pun mengamati hal lain, andai semangat itu tidak naik dan turun, diyakini para motivator akan menganggur tanpa klien. Tak ada kata-kata bijak yang bisa mereka jual untuk jadi konsumsi mereka yang semangatnya sedang patah redam.

Menilik ke negara maju, para motivator pemberi motivasi sulit ditemui. Pribadi sendirilah memotivasi dan motivasi saat melihat lingkungan sekitarnya. Semangat yang kendur akan cepat kembali naik bila ada di lingkungan yang tepat, karena lingkungan adalah stimulasi terbaik mereparasi semangat.
Baca juga: Pesona Bunga Matahari
Ada hal lain yang patut diperhitungkan, orang terdekat dan mentor jadi penghibur dan pembangkit terbaik. Tak perlu kata-kata bijak motivator yang penuh kata-kata manis. Mereka buat manusia-manusia yang jatuh redam akan butuh sandaran mereka yang peduli di saat jatuh serta mengangkasa.

Analogi pemain layang yang ingin layangannya kembali mengudara, ia butuh bantu orang lain untuk menaikkan layang tersebut. Semua itu lengkap datangnya dari orang terdekat, mengembalikan ke rel yang benar sambil menari-nari di atas awan. Anomali-anomali yang buatnya dirinya terjatuh hanya bentar, karena ia harus ingat saat berada di atas dan berada di bawah.

Siapakah mereka yang paling baik dalam mengelola semangat?

Mereka adalah orang-orang yang konsisten dalam keadaan apa pun, pahit dan getir tetap ia pertahankan. Anomali yang terjadi hanyalah gangguan kecil dalam mempertahankan kumpulan semangat yang ia pupuk.

Ia begitu yakin dengan konsisten mampu bertahan begitu lama, layaknya sebuah layang-layang. Tak mau terbang terlalu tinggi, ia bisa kapan saja putus dan terbawa oleh angin yang deras, lepas dari jangkau si pemain. Ataupun tahu mau terlalu rendah, begitu banyak ranting pohon, atap rumah dan tiang listrik jalan yang buat dirinya tersangkut.

Konsisten cara terbaik, tidak terlalu tinggi melewati batas dan tidak terlalu rendah. Si pemain layang ingin bertahan selama mungkin hingga petang tiba untuk mengakhir permainan. Seperti itulah semangat, meminimalisir apa pun anomali untuk sampai ke tujuan akhir. Karena segala sesuatu yang diupayakan akan berakhir indah saat sampai tujuannya.

Itulah semangat, naik dan turunnya dirinya akan mencapai saat tiba di tujuan akhir yakni mewujudkan secercah mimpi. Itulah aku sang anomali semangat.

Share:

0 komentar